Rabu, 12 Agustus 2020

Makalah Enterpreneur Bisnis Kuliner - BSI

1.1             Latar Belakang

 

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang paling diminati dan memiliki prospek jangka panjang yang menjanjikan. Hal ini disebabkan semakin meningkatnya kebutuhan makanan bagi manusia dalam menjalani kehidupan sehari – hari. Tentu dengan pola pikir seperti ini, banyak pengusaha – pengusaha kecil hingga besar berlomba dalam menjalankan usaha di bidang ini, yang dampaknya menyebabkan persaingan cukup sengit karena semakin maraknya makanan dengan model yang hampir sama yang ditawarkan dari berbagai produsen.

 

Oleh karenanya, melihat betapa menjanjikannya peluang dari bisnis kuliner ini, ditambah dengan sengitnya persaingan antar produsen dalam menyajikan makanan,  berniat untuk turut serta dalam usaha kuliner ini dengan membuka usaha bernama “ Roti Genik ” yang mempunyai arti Roti Goreng Aneka Isi Kekinian dan sudah pasti  menjanjikan inovasi disetiap produk , hal ini  lakukan agar para konsumen yang pertama lebih tertarik untuk membeli produk , kedua juga konsumen merasa tidak bosan dengan menu yang sama setiap saat.

 

1.2             Visi & Misi

 

 

1.3             Deskripsi Produk

 

Produk yang  tawarkan berupa roti goreng yang didalamnya akan diisi dengan berbagai macam isian semisal sosis/keju dan masih banyak lagi. Bahan bahan dasarnya sendiri menggunakan produk yang dijamin kehalalannya, yang artinya aman untuk dikonsumsi. Untuk urusan harga  yakin harga yang ditawarkan relative murah, selain karena persaingan bisnis dengan produsen lain  juga memikirkan konsumen dengan kemampuan social yang berkekurangan namun ingin membeli produk .

 

1.4             Struktur Organisasi & Pembagian Tugas Kelompok

 

    Dibawah ini merupakan gambaran struktur organisasi .



















 

1.5             SWOT

Gambaran singkat tentang persaingan pasar : SWOT of Own Business, Competitor(s) Overview, Product Positioning

 

1.6             Marketing & Sales Plan

1.6.1        Jangka pendek yang akan  lakukan untuk pemasaran yaitu dengan cara membuka stand ditempat strategis, kemudian mencoba menarik pelanggan yang lewat untuk membeli produk . Dalam hal ini alat yang  gunakan bisa berupa brosur atau pamflet tentang produk yang  tawarkan.

 

1.6.2        Jangka menengah yang akan  lakukan untuk pemasaran yaitu dengan cara memperbanyak cabang , kemudian juga pindah lokasi dari yang semula hanya stand stand pinggir jalan, menjadi cabang berupa café. Kemudian  juga akan memberikan fasilitas pendukung untuk kenyaman pelanggan diantaranya berupa koneksi internet gratis dan layanan music live, semua itu  berikan agar pelanggan merasa nyaman saat sedang berkunjung dicafe .

 

 

1.6.3        Jangka panjang yang akan  lakukan apabila perusahaan semakin besar,  akan menjalin kerja sama dengan mitra produk lain atau dengan mitra yang bukan menjual kuliner melainkan bidang jasa seperti ojek online, yang nantinya dapat mendukung penjualan produk .           

1.7             Production Plan ////// tolong revisi

 

·         Bahan – bahan Produksi

 

Proses produksi  terkait tentang roti  isi yg beraneka ragam , bahan bahan yang diperlukan cukup sederhana & murah untuk ditemui diberbagai tempat ,  memproduksi  3 jenis roti yang bervariasi,

 

Yaitu :

 

1. Roti             Genik Isi Sosis Keju

2. Roti Genik Isi Kornet Keju

3. Roti Genik Isi Pisang Keju

Yang terdiri dari bahan  :

 

NO

NAMA BAHAN

HARGA BAHAN

1

TELUR OMEGA

RP 5.000

2

FIESTA CRISPY CRUMBS

RP 10.000

3

CHAMP FRANKFURTER

RP 27.500

4

SAMBAL ABC

RP 5.900

5

MAYUMI SACHET

RP 8.200

6

MINYAK BIMOLI

RP 15.000

7

ROTI BREAD

RP 14.500

8

SUSU ENAK PUTIH

RP 8.700

9

PRO CHIZ KEJU

RP 6.850

10

KRAFT KEJU CHEDDARS

RP 4.900

TOTAL = RP 106.550

 

Tahapan pembuatannya sangatlah mudah. siapkan bahan utama roti  terlebih dahulu , setelah bahan utama  lengkap kita mempersiapkan  bahan isi roti , kalau sudah selesai kita bisa menambahkan isian sesuai selera kita ,

 

·         Peralatan Produksi

Alat alat yang digunakan adalah ;

1.      ....

2.      ....

1.8             Execution Plan

Dalam menjalankan bisnis ini nantinya  berencana menggunakan media sosial sebagai media untuk mempromosikan brand, dan  akan menjajakan product  menggunakan stand di lokasi yang strategis, target pemasaran  adalah generasi millenial yang cenderung tertarik dengan produk baru dengan sesuatu ciri khas yang unik karna product  memiliki nama yang unik dengan harganya terjangkau tetapi rasa dan isinya tidak mengecewakan.

 

1.9             Financial Plan

 

·         Business Preparation Budgets

Untuk modal awal usaha kita menggalang dana dari tiap anggota usaha untuk mengumpulkan modal sampai dengan tercapai budget untuk bahan baku awal produksi hingga untuk produksi beberapa waktu kedepan

·         Business Execution Budgets

Margin dari setiap produk yang terjual akan diambil 15%, dari 15% tersebut 10% akan digunakan untuk biaya pengembangan bisnis dan 5% sebagai margin bersih

·         Break Event Point

Blum diisi

·         Profit / Revenue Sharing

Blum diisi

 

1.10       Contingency Plan

·         Contingency Plan atau yang biasa disebut rencana cadangan,harus dimiliki sebuah perusahaan dikarnakan dalam sebuah proses berwirausaha pastinya akan banyak tangtangan ataupun kendala yang tak sedikit dapat membuat sebuah perusahaan kandas maka daripada itu kami memiliki rencana cadangan yaitu sebagaiberikut ; Disaat dalam pengembangan usaha kami dimulai dari awal dibentuknya usaha selalu dalam setiap harinya kami wajib menyisihkan 1% dari keuntungan untuk ditabung sehingga menjadi tabungan jangka panjang perusahaan yang dapat digunakan sewaktu waktu jika perusahaan dalam keadaan darurat ataupun krisis,dan tabungan yang dipakai haruslah dikembalikan jika perusahaan bangkit kembali dari keterpurukan sehingga tabungan tidak berkurang dan dapat digunakan kembali sewaktu waktu.

1.11       Closure

 

1.11. 1                       Kesimpulan

        

         Berwirausaha merupakan kegiatan yang dibutuhkanuntuk menciptakan atau melakukan sebuah usaha . peluang kita dalam berusaha merupkan kemampuan pribadi sebagaimana kita memiliki sifat percaya diri , jujur , dan tekun , dan selalu berusaha untuk berprestasi  & unggul dalam memasarkan produknya.

 

1.11. 2                       Penutup

 

Demikian persentasi ini dibuat , semoga dapat menjadi acuan dan bahan pertimbangan dalam mendirikan suatu usaha , untuk itu  mengharapkan dukungan serta peran semua pihak dalam pembentukan usaha ini , jika ada kekurangan yang   sampaikan dalam persentasi materi ini mohon maaf dan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar