1. Anda buka Program 3d Max
disini saya menggunakan aplikasi 3d max 2013.
2.Buat sebuah sphere dengan ukuran besar
sphere sendiri berada di bagian standard primitives (yang saya lingkari merah)
3.Kemudian buat lingkaran dengan skala ¼ lebih kecil dari yang pertama
4.Kemudian ke menu Material Editor dengan menekan tombol “M” pada keyboard, kemudian muncul kotak Dialog seperti ini.
5.Klik tombol kecil di samping kotak warna bagian Diffuse (yang dilingkari merah)
6.Kemudian pilih Bitmap
7.Kemudian pilih gambar peta dunia untuk texture bitmapnya, lalu open
Berikut Adalah Materialnya;
8.Drag material bumi ke Sphere yang pertama, kemudian warna Bumi akan berubah seperti ini
9.Lakukan hal yang sama dengan meng-klik material baru disebelah material bumi, cara menambahkan texture bulan sama tapi gambarnya berbeda, lalu drag material bulan ke Sphere yang lebih kecil, warnanya pun akan berubah
10.Untuk menambahkan background luar angkasa, klik menu Rendering => Environment
11.Di parameter Background, klik tombol yang ada di bawah Environment Map
12.Pilih Bitmap, Open gambar langit berbintang yang sudah tersedia di sana
13.Hasilnya seperti ini, setelah di render
Sekian tutorial pembuatan replika bumi dan juga bulan menggunakan aplikasi 3D Max,nantikan tutorial-tutorial berikutnya.
Salam sukses untuk kita semua!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar